fbpx >

Covid Varian Omicron Varian baru?

Covid Varian Omicron

Covid Varian Omicron

Saat ini banyak terdapat varian dari Covid-19. Covid-19 merupakan virus, apalagi virus tipe infeksi pernafasan saluran atas (ISPA), sangat mudah mengalami mutase. Varian “Omicron” hasil mutasi Covid-19, kini tengah menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dikatakan varian omicron ini bisa menular lebih cepat 5 hingga 6 kali dibandingkan varian delta, meski masih dalam investigasi karena data masih kurang.

Varian Omicron ini juga lebih dikenal sebagai varian B.1.1.529. Varian ini pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan pada 24 November 2021 dan kini Organisasi Kesehatan Dunia sudah mengklasifikasi Omicron sebagai Varian of Concern (VOC) yang merupakan varian yang harus diwaspadai. 

Merangkum dari laman resmi covid19.go.id, berikut fakta yang perlu diketahui dari varian Omicron. Pertama dari segi gejala akan mirip seperti varian lainnya seperti gejala batuk pilek, nyeri tenggorokan hingga kehilangan penciuman (anosmia). Saat ini bukti mengatakan varian ini bisa menyebabkan resiko infeksi berulang, akan tetapi mengenai keparahan gejala apakah lebih berat dibandingkan varian lainnya belum dapat dibuktikan. 

Untuk diagnosis masih sama seperti covid-19 lainnya, tes PCR masih bisa mendeteksi virus varian ini. Saat ini kasus di asia tenggara masih sedikit tapi kemungkinan peningkatan kasus bisa dikatakan tinggi. 

Untuk terapi masih bisa menggunakan terapi covid seperti biasa, akan tetapi ada kemungkinan beberapa terapi akan lebih efektif dan beberapa akan kurang efektif, tetapi masih memerlukan bukti lebih lanjut. Vaksinasi dapat melindungi dari varian omicron dari gejala yang parah dan memerlukan perawatan.

Sekarang ini data masih kurang mengenai varian ini, akan tetapi jangan perlu takut dan khawatir karena jika kita takut, justru kita akan lebih mudah sakit dibandingkan mereka yang tidak. Selalu hidup dengan pikiran positif bahwa jika kita sakit pun kita bisa sembuh dan kita bisa terbebas dari gejala covid-19. Sekian dan semoga bermanfaat. 

BACA JUGA TENTANG:

FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

MENGATASI SAKIT LEHER DENGAN STRETCHING

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

Leave a Comment